Mahakarya Guruku


Oleh : Muflikhah

Besar cintamu lebih besar dari alam semesta dan seisinya
Luas kasihmu melebihi luasnya samudera di dunia
Tulus hatimu tak terhingga menata penerus bangsa
Desah lirih nasihatmu, kan selalu terdengar dimanapun aku berada

Kesabaranmu telah menuntunku menuju gerbang kehidupan
Alunan doamu tak pernah surut meminta kepada Sang Kuasa
Agar anakmu menjelma menjadi manusia istimewa
Anakmu, anak didikmu, lebih dari darah dagingmu

Setiap pagi hingga sore hari
Setiap hari
Di gedung Sekolah Dasar yang tak memiliki banyak ruang itu
Selalu terngiang suara lantangmu
Mengajariku berbahasa
Mengajariku menghitung angka

Aroma semangat, ku hirup ketika aku mencium tanganmu
Setiap pulang sekolah, kau selalu mengingatkan
“hati-hati di jalan nak, langsung pulang ke rumah”
Sungguh aku rindu
Kau tak pernah bosan mengajarkanku apa yang kau tahu
Kau tak pernah bosan menasihatiku dan teman-temanku

Belasan tahun telah berlalu
Alangkah singkatnya masa itu
Ingin rasanya aku memutar waktu
Di mana aku kembali menuliskan apa yang kau toreh di papan tulis usang itu

Papan yang menjadi saksi bahwa aku pernah dihukum kala aku tidak mengerjakan tugas
darimu

Bongkahan kenangan tak pernah terlupa
Ketika aku memanggilmu, “Ibu Guru, Bapak Guru”
Kini anakmu sudah beranjak dewasa
Namun aku tak akan pernah lupa setiap kalimat pesanmu

Tak pernah terbayang akan jadi apa hidupku tanpamu
Terimakasih selalu ku ungkap dalam doaku
Ku titipkan namamu dalam sujudku agar engkau sejahtera selalu
Mahakarya Guruku

0 Response to "Mahakarya Guruku"

Posting Komentar